Wow Gaji Guru Naik 100% taun 2009…jadi guru yukkk

October 31, 2008 at 12:50 pm 7 comments

Berbahagialah bagi pahlawan tanpa tanda jasa alias guru dan dosen, nasib mereka berangsur-angsur bersinar lagi. Panitia Kerja (Panja) Belanja Pusat, Panitia Anggaran DPR telah menyetujui kenaikan gaji guru pada 2009 hingga 100 persen.

Bila pendapatan mereka pada tahun ini maksimal 2,4 juta (gol IV/E bersertifikat), maka 2009 bakal mendapatkan gaji sebesar Rp 5,4 juta. Belum lagi tunjangan khusus bagi guru yang berada di daerah terpencil (gurdacil) yang diperkirakan sebesar Rp 5,1 juta. Jadi, perbulannya mereka bakal mendapat gaji di atas Rp 10 juta, kalau tunjangan gurdacilnya juga disetujui.

“Untuk besaran gaji sudah final. Sedangkan tunjangan khusus gurdacil hingga kini besarannya masih diperdepatkan, tetapi usulannya tetap akan dinaikkan yaitu bagi guru di daerah-daerah pedalaman seperti Papua, Maluku dan Kalimantan,” kata anggota Panja asal PDI Perjuangan, Rudianto Tjen kepada PersdaNetwork di Jakarta, Senin (20/10).

Lebih jauh, jelas anggota DPR asal Bangka Belitung ini, untuk gurdacil, bila pada 2008 ini kuotanya hanya untuk 20.000 orang gaji, pada 2009 mendatang akan ditambah 10.000 lagi hingga menjadi 30.000 orang guru.

Kenaikan gaji guru ini telah disepakati oleh seluruh anggota Panja Belanja Pusat dan Departemen Pendidikan Nasional. Disebutkan, gaji terendah yaitu untuk guru pegawai negari sipil (PNS) dengan golongan II/B tidak bersertifikat (0 tahun) yang tadinya mendapat gaji sebesar Rp 1,55 juta, akan mememperoleh gaji bulanan Rp 2,07 juta.

Sedangkan gaji untuk guru PNS tertinggi dengan golongan IV/E bersertifikat (0 tahun) yang saat ini digaji Rp 2,43 juta bakal melonjak menjadi Rp 5,42 juta.

Perubahan pendapatan juga bakal dialami oleh guru tetap non PNS. Bila pengajar PNS mendapatkan kenaikan gaji, maka tunjangan fungsional guru tetap non PNS akan naik, untuk yang non S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 250.000, sedangkan yang S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 300.000.

Untuk dosen PNS golongan III/B belum bersertifikat (0 tahun) yang tahun ini gajinya Rp 1,8 juta akan naik menjadi Rp 2,26 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkat guru besar, gajinya bakal melonjak besar dari Rp 5,12 juta menjadi Rp 13,53 juta per bulan. “Gaji tersebut sudah termasuk seluruh pendapatan per bulan (take home pay/THP),” ujar Rudianto.

Anggota Komisi X (bidang pendidikan) asal PAN, Yasin Kara menyatakan, kenaikan gaji guru ini sebenarnya sudah diusulkan selama empat tahun berturut-turut. “Kita sudah mengusulkan sejak 2005 lalu, baru tahun depan dinaikkan. Apakah ini karena akan ada Pemilu atau tidak, yang penting perjuangan meningkatkan kesejahteraan guru bisa terlaksana,” kata Yasin saat dihubungi melalui ponsel.

Menurutnya, untuk gaji 2009 ini, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar kurang lebih Rp 50 triliun. Anggaran tersebut akan dimasukkan dalam Undang-Undang APBN 2009 yang rencananya disahkan dalam rapat paripurna DPR tanggal 28 Oktober mendatang.

Selain itu, Sekretaris Fraksi PAN ini juga menandaskan, pemerintah harus terus meningkatkan jumlah guru yang bersertifikat. Guru nantinya akan disertifikasi agar memenuhi standar mutu pendidikan nasional.

Saat ini, dari 2,7 orang guru yang ada di Indonesia, baru hanya 300.000 saja yang tersentifikasi. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, jelasnya, tahun 2009 ditargetkan jumlah guru yang tersertifikasi berjumlah 1 juta orang guru. “Lambat laut seluruh guru akan tersertifikasi,” kata Yasin.

sumber kompas.

Entry filed under: Intermezo. Tags: , .

Pengumuman PNS POLRI oktober – november 2008 Download Sekarang… Dukungan untuk Sri Sultan Hamengku Buwono X

7 Comments Add your own

  • 1. mukhlis  |  December 11, 2008 at 3:54 am

    Ah… yang bener nich, kayaknya kalau guru slalu aja dibuat GR. ama info kenaikan gaji mulu tuh…. eh… belum naik gajinya… yang lainnya pada naik duluan… kacian dech… udah dihitung-hitung mau ini mau itu nyatanya… gigit jari juga… oh nasibmu dan nasibku…karna aq. juga seorang guru…

    Reply
  • 2. one  |  February 16, 2009 at 3:52 pm

    naik..? itu mah untuk yang bersertifikat…. bagi yang belum walau masa kerja sudah 23 tahun…tetap saja segitu…atau naiknya sama dengan PNS yang non guru. hatur nuhun.ningkat 300 rb.

    Reply
  • 3. jamhuri  |  May 23, 2009 at 6:45 pm

    saya guru MI depag depok,sejak th 2006 telah mengisi formulir A 1 sertifikasi guru melalui MAPENDA tapi sampai 2009 belum ada realisasinya/belum ada panggilan untuk disertifikasi,yang lebih tidak rasional lagi nama saya tidak terdaftar di lis pendaftaran,kepada intansi yang terkait /yang berwenang mohon jawabannya. NB. pengaalaman saya mengajar 26 tahun, wow lama kan ?,kepada yang berwenang dalam program sertifikasi guru harus pro aktif dong,jangan banyak bicara,kalau perlu sentil telinganya instansi yang menghilangkan hak guru seperti saya ini,berani ga,kalau berani coba tuh MAPENDA DEPOK

    Reply
  • 4. jamhuri  |  May 23, 2009 at 7:22 pm

    Karena lisberkas fendaftaran saya tidak ada, perjuli 2008 saya mendaftar ulang atas saran MAPENDA DEPAG Depok,perapril 2009,saya konfirmasi dengan instansi terkait,lagi-lagi lis berkas pendaftaran saya tidak ada,ironisnya lagi berkas pendaftaran sertifikasi atas nama saya tidak ada,pak ! saya ini GURU dalam jabatan
    yang seharusnya sudah disertifikasi,ingat saya bukan mengejar tunjangan,tapi mengejar kewajiban.

    Reply
  • 5. eko p  |  May 31, 2009 at 2:20 pm

    apa bener nih naik?…. lha wong masih tetep aja dari dulu ndak ada naik-naiknya sama aja tuh fungsional guru non pns dtambah pencairan telat lagi…. klau mang bener naik, kapan?…. pa non pns cma bsa ngiler waktu liat gaji pns yg naik tp nonpns ttp. moga aja bener jd 300 rb, klau ndak ?……..

    Reply
  • 6. Narto  |  July 2, 2009 at 3:36 pm

    Bapak-bapak yang ada di DPR dan pemerintah,saya sebagai seorang guru di daerah sebelumnya mengucapkan terima kasih kalau info ini memang direalisasikan.Namun saya berharap tidak hanya sebagai penyanjung.karena sudah terlanjur menjadi bahan pergunjingan bagi pegawai lain dilingkungan saya.sehingga kalau sampai batal akan berubah menjaji cacian.kasihan kan ?

    Reply
  • 7. Ahmadul HAdi,S,Ag  |  September 21, 2009 at 4:17 pm

    Itu kan hanya wacana………………………. tapi kenyataannya Guru Non PNS hanya mendapat tunjangan fungsional Rp.250.000,/bulan dan masih di potong pajak 5 %. Yng bener aja kalo buat wacana.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


October 2008
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Hallo :)

hai.. terima kasih atas kunjungan anda pada blog saya. Saya mencoba memberi informasi se-up to date mungkin mengenai berbagai lowongan kerja dalam negeri. Semoga dengan adanya blog ini membantu anda untuk mendapatkan pekerjan yang lebih baik. Anda juga diperkenankan untuk melakukan copy - paste semua artikel yang ada dalam blog ini.GBU

My YM Status

Banner

Reader

Blog Stats

  • 233,072 hits

Polling

Live Traffic Feed

Milis Carier Centre


%d bloggers like this: